Categories
Bisnis

Kenali, Keunikan Jenis Pencari Kerja Di Indonesia

Kenali, Keunikan Jenis Pencari Kerja Di Indonesia

Setiap orang punya kepribadian, perilaku dan pola pikir yang berbeda begitu pula saat mencari pekerjaan. Ada yang lebih suka melamar pekerjaan di perusahaan bonafid. Tapi tidak sedikit pula yang mengirim resume ke perusahaan kecil yang baru berkembang. Penasaran, ingin tahu kamu jenis pencari kerja seperti apa?

Sumber : Top Hospitality Recruiters In Dubai

Inilah 4 Karakter Pencari Kerja Di Indonesia

  1. Tim Gerak Cepat

Tim gerak cepat memiliki hasrat dan kemauan yang besar untuk mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum ijazah sarjana atau magister diterima. Ibaratnya, asal sudah dinyatakan lulus kuliah mereka sudah mulai menulis lamaran dan mengirimkannya.

Cara ini sebenarnya tidak masalah asalkan kamu sudah memiliki cukup keterampilan atau setidaknya keahlian. Seperti keahlian mengoperasikan komputer atau keterampilan bahasa asing. Keduanya akan memberikan nilai plus pada resume yang kamu buat.

  1. Tim Pencari Passion

Pejuan pencari kerja ini mengutamakan passion mereka saat mencari suatu pekerjaan. Jadi saat mencari lowongan kerja di situs pencari kerja, mereka hanya focus pada satu tujuan saja.

Jenis pencari kerja tipe ini juga tidak ragu menolak kesempatan emas yang hadir di depan wajahnya. Apabila jenis pekerjaan yang ditawarkan tidak mereka sukai. Tim pencari passion memiliki anggapan tersendiri jika bekerja akan terasa lebih indah dan menyenangkan jika mereka suka melakukannya.

  1. Tim Pelan Tapi Pasti

Tipe ini berkebalikan dengan tipe yang pertama. Karena daripada melamar pekerjaan buru-buru tapi tanpa persiapan, mereka lebih suka mempersiapkan segalanya sesempurna mungkin.

Mulai dari resume, dokumen yang dibutuhkan, surat lamaran dan sebagainya. Semua harus dipersiapkan dengan baik sebelum melamar pekerjaan.

  1. Tim Asal Mencoba

Tipe pencari kerja ini cenderung berkarakter cuek. Mereka tidak akan kecewa atau kesal terlalu lama meski tidak dipanggil interview. Walau tidak mendapatkan pekerjaan pun, mereka tetap merasa puas. Setidaknya pernah mencoba mengirimkan lamaran.

Tim asal mencoba juga tidak ragu untuk mengundurkan diri demi mendapatkan pekerjaan baru yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Itulah empat tipe atau jenis pencari kerja yang seringkali kita temui di Indonesia. Kamu yang sekarang sudah bekerja atau sedang tahapan pencarian, termasuk pada tim mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *